Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain : Analisis Semiotika Visual Animasi Upin & Ipin Episode “Ikhlas Dari Hati”.
Pendekatan : Pendekatan yang ada pada
jurnal ini adaah dengan menggunakan animasi yang di buat pada tahun Sep 14, 2007
yang di beri nama upin & ipin yang ada di negara malaysia
Analisis : analisis yang di pakai adalah Metode
penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode analisis kualitatif
deskriptif interpretatif. Fokus penelitian yaitu pada analisis visual (warna,
gestur dan karakter).
Teori : Teori yang di pakai adalah teori semiotika
yang terfokus pada tanda-tanda atau gesture dari animasi upin & ipin ini
Kesimpulan : kesimpulannya adalah bahwa
film animasi upin dan ipin sangat berpengaruh pada perkembangan anak usia dini
agar menjadi anak yang baik dalam berperilaku terhadapa sesame ataupun terhadap
orang yang lebih tua dari mereka, karena di film animasi upin dan ipin memiliki
banyak simbol dan gesture dalam penyampaiannya agar para penonton khususmya
anak-anak dapat lebih memahami apa yang di lakukan oleh karakter di film
tersebut. Adapun penyampaiannya dari berbagai karakter upin dan ipin itu
sendiri karena di setiap karakter memiliki keunikannya tersendiri agar makna
atau arti yang ingin di sampaikan akan langsung bisa di terima oleh semua orang
khususnya anak-anak.
apa yang menurutmu bisa di teliti dari
jurnal tersebut : Jurnal ini sangat bisa di teliti karena banyaknya makna atau
pembelajaran yang bisa di dapat dari film animasi tersebut dan dapat di terapkan
di kehidupan sehari-hari. Film animasi Upin dan Ipin ini di buat untuk
anak-anak dan remaja walaupun orang dewasa juga senang melihatnya juga karena
banyak sekali pembelajaran hidup yang dapat di ambil. Film Upin dan Ipin ini bisa
juga untuk perkembangan anak agar menjadi lebih baik dalam perilaku dan
perbuatan kepada teman dan orang tuanya atau menjadi acuan anak untuk menjadi
seperti karakter dalam film tersebut.
Link : ttps://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&q=analisis+upin+ipin#d=gs_qabs&u=%23p%3D89yxBfqgSR8J
Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain : ANALISIS
SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN PADA PERKEMBANGAN AFEKTIF SISWA KELAS III
Pendekatan : jurnal ini memakai pendekatan
Deksriptif
Analisis : Analisis yang di pakai pada jurnal ini adalah
kualitatif untuk menentukan nilai untuk setiap siswa.
Teori : Teori yang di pakai adalah teori semiotika
yang terfokus pada tanda-tanda perilaku siswa kelas III apakah mereka bisa
mendapat nilai bagus atau tidak.
Kesimpulan : Kesimpulannya adalah bahwa
dari film animasi upin & ipin sendiri memiliki banyak sekali hal-hal
positif bagi orang lain dan bisa mempengaruhi perilaku siswa atau anak-anak
yang menontonnya karena di dalam film tersebut banyak sekali nilai-nilai
kebaikan yang terkandung di dalamnya.
apa yang menurutmu bisa di teliti dari
jurnal tersebut : Yang bisa saya teliti dari jurnal ini bahwa film animasi yang
memiliki hal-hal positif dapat mempengaruhi perilaku orang secara tidak
langsung dan memiliki dampak yang besar bagi kehidupan anak-anak itu.
Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain :
Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter : Analisi Cerita Film Upin
& Ipin
Pendekatan : fenomonologis untuk
menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam sebuah karya seni berupa
film kartun serial anak-anak. Menurut Creswell (2017:20) pendekatan
fenomenologi mengambarkan makna pengalaman hidup beberapa individu (kelompok)
terhadap sebuah fenomena atau konsep. Konsep yang dimaksudkan dalam penelitian
ini adalah konsep kehidupan anak-anak yang diperankan oleh tokoh Upin, Ipin dan
kawan-kawan. Penelitian ini juga memenuhi syarat sebagai penelitian
fenomenologi.
Analisis : Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter
dalam sebuah film agar para anak-anak dapat termotivasi dan berperilaku baik
terhadap sesama atau yang leboh tua.
Teori : Teori yang di pakai adalah teori
semiotika yang di fokuskan pada tanda-tanda gesture yang memiliki arti atau makna
yang terkandung pada film animasi upin & ipin.
Kesimpulan : Bahwa pendidikan karakter anak
tidak harus melalui pendidikan formal di sekolah pada mata pelajaran Pendidikan
Agama atau Pendidikan Moral Pancasila. Pendidikan karakter pada anak dapat juga
diperoleh melalui pembelajaran dalam lingkungan keluarga misalnya dengan
membiasakan anak-anak menonton tayangan film yang memberikan nilai-nilai
pendidikan, terutama pendidikan karakter. Contohnya film animasi upin &
ipin ini karena memiliki nilai moral yang sangat tinggi untuk perkembangan
karakter anak agar memiliki kepribadian yang bagus.
apa yang menurutmu bisa di teliti dari
jurnal tersebut : Ternyata perkembangan anak juga bisa memakai film animasi
yang memiliki nilai moral yang sangat tinggi dan dapat membentuk karakter anak
itu sendiri. Seperti jurnal ini yang membahas tentang membangun Pendidikan yang
berkarakter untuk membina atau membimbing anak usia dini memiliki karakter yang
sangat bagus dalam lingkungan keluarga atau berteman. Dari jurnal ini kita juga
mengetahui bahwa membuat karakter anak usia dini juga bisa di lakukan oleh
orang tua dengan menyetel film-film yang bisa membuat karakter anak itu sendiri.
Link : https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&q=analisis+upin+ipin#d=gs_qabs&u=%23p%3DsLBu2R3JyEwJ
Komentar
Posting Komentar