Langsung ke konten utama

Analisa Simiotika dalam komik One Piece

 Pendahuluan

    Komik dapat diartikan sebagai cerita bergambar dalam majalah, surat kabar atau bentuk buku. Seperti yang kita ketahui komik memiliki penggemarnya tersendiri karena alur ceritanya yang sangat variative dan dalam komik sendiri banyak sekali genre seperti comedy, action, supranatural dan sebagainya. Karena itu banyak sekali orang tua, anak kecil, atau remaja senang sekali membaca komik tersebut. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, (Depdiknas,2005; 583) komik dapat diartikan sebagai cerita bergambar (dalam majalah, surat kabar, atau bentuk buku) yang umumnya mudah di cerna dan lucu. Dalam kamus ilmiah popular, komik adalah cerita bergambar (tentang aktivitas dan sebagainya) yang pasti lucu dan menurut Muhammad Natsir Setiawan (2002; 22). 

    Komik atau manga (dalam Bahasa jepang) mengusulkan asal-usul pada awal abad  ke-12. Komik strip modern muncul di jepang pada awal abad ke-20, dan output majalah dan buku komik berkembang pesat pada era pasca perang dunia II dengan popularitas kartunis seperti Osamu Tezuka. 

    Komik dengan judul One Piece menceritakan tentang perjalanan seorang bocah yang Bernama Monkey D. Luffy yang memiliki kemampuan tubuh elastis atau bisa disebut dengan gomu-gomu no mi untuk menggapai cita-citanya sebagai raja bajak laut seperti raja bajak laut pertama yaitu Gold D. Roger yang sudah menjelajahi dunia hingga sampai ke pulau terakhir yang bernama Raftel. Komik ini di buat oleh Eiichiro Oda pada tahun 22 juli 1997 dan komik ini sudah mencapai 1000an lebih chapter di dalamnya.

 Komik ini sangat-sangat popular di kalangan remaja dan orang dewasa karena jalan ceritanya yang unik dan memiliki fans service tersendiri seperti banyak adegan-adegan comedy, action, dan adventure yang sangat-sangat di nanti oleh para fans. Karena Eiichiro Oda selaku pembuat komik ini memiliki pemikiran yang sangat-sangat di luar dugaan karena sering sekali membuat fans bertanya-tanya dan penggemar harus di buat berfikir langkah selanjutnya dari ceritanya seperti apa, karena banyak sekali teori-teori yang sudah bermunculan yang di buat fans. Didalam cerita komik ini memiliki karakter utama yaitu luffy, zoro, nami, usop, franky, dan masih banyak lagi. Komik ini akan diteliti lebih lanjut oleh peneliti untuk menggali lebih dalam menggunakan analisa semiotika.


Tujuan

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter dalam komik tersebut dan jalan berfikir dari Eiichiro Oda sendiri dalam komik One Piece. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotic untuk mengungkap pemikiran dari Eiichiro Oda dalam komik One Piece. Analisi semiotik. 

   

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pemikiran Eiichiro Oda dalam menjalankan ceritanya agar para penggemar masih betah dalam cerita One Piece ini dalam pendekatan semiotik.

  2. Bagaimana caranya Eiichiro Oda membuat jalan cerita yang mirip dengan dunia nyata seperti korupsi, virus dan sebagainya.

Pembahasan

    Untuk menjelaskan bagaimana pemikiran Eiichiro Oda dalam menjalankan ceritanya agar penggemar masih betah dalam cerita One Piece, seperti yang kita ketahui bahwa komik One Piece ini sudah sangat lama dari yang masih kecil hingga dewasa komik ini masih terus berlanjut hingga sekarang dan tanda-tandanya yang sudah kita ketahui bahwa penggemar masih terus membacanya karena mereka penasaran dengan alur ceritanya hingga komik ini selesai. Eiichiro Oda juga memasukan cerita-cerita yang hamper mirip dengan dunia nyata seperti korupsi, virus, perbudakan dan sebagainya, karena Eiichiro Oda memiliki ide-ide agar penggemar komik One Piece ini tetap setia membaca.


Kesimpulan

    Berdasarkan hasil yang dilakukan ditemukan bagaimana Eiichiro Oda masih memiliki penggemar yang sangat setia menunggu komik One Piece ini karena jalan ceritanya yang unik dan tidak bisa ditebak. Karakter utama dalam cerita ini juga memiliki kepribadian yang unik karena mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda serta dalam cerita ini memiliki beberapa genre seperti comedy, action, adventure dan lainnya agar para penggemar menebak-nebak apa yang akan dilakukan Eiichiro Oda dalam mengambil keputusan dan jalan cerita seperti apa yang akan disampaikan Eiichiro Oda untuk komik One Piece ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Ke 4

  Pendahuluan     Saya memilih objek seni dalam komik dengan judul Solo Leveling yang merupakan komik buatan korea dan juga sering di sebut manhwa, komik ini rilis pada 25 juli tahun 2016. Pada komik ini membahas tentang seorang anak remaja yang menerima kekuatan ganda untuk melindungi keluarga dan dunia dari serangan invasi alien yang keluar dari dugeon. Pada komik bagian awal di perlihatkan seorang anak laki-laki yang tidak memiliki kekuatan untuk bertarung yang mempunyai keinginan untuk menghidupi keluarganya karena ibunya sedang sakit parah. Akan tetapi kehidupannya berubah Ketika dia memasuki dugeon ganda yang bisa membuat anak tersebut memiliki kekuatan ganda, yang artinya biasanya setiap manusia hanya memiliki satu kekuatan saja dalam hidupnya. Kenapa saya memilih komik ini? Karena saya suka dengan aksi, efek skill yang di tampilkan dan kegigihanya, terutama saya suka sekali membaca komik dari berbagai negara seperti china (manwa), jepang (manga), dan korea (manhwa). Karena saya

Pejuang Rupiah: Latar Belakang Poconggg Juga Pocong

Latar Belakang Poconggg Juga Pocong :     Pada kali ini saya akan membahas tentang novel yang berjudul Poconggg Juga Pocong yang di tulis oleh Arief Muhammad pada tahun 2010 di twitter, Arief muhammad lahir di  Batam, Kepulauan Riau, 26 Oktober 1990.  pada tahun 2011 beliau membuat versi bukunya dengan judul yang sama yaitu Poconggg Juga Pocong. novel ini pun sudah masuk ke layar lebar dengan judul yang sama pada 24 november 2011.  Youtube arief muhammad sendiri juga di gemari oleh banyak orang karena konten-kontennya yang menarik untuk di lihat.                                                                                                Arief muhammad juga sering di panggil arief juga menggeluti usaha kuliner, fashion dan masih banyak lagi, serta arief muhammad juga disebut sebagai influenser oleh banyak orang karena memiliki banyak bidang usaha yang di gelutinya. Usaha yang sudah mendapat penghargaan rekor muri yaitu usaha fashionnya karena mengusung tema lokal brand yang sangat di

Tugas 2 semiotika

  Pada hari ini saya akan membahas tentang semiotika pada sekitar kita, karena di sekitar kita banyak sekali tanda-tanda yang ada, bermacam-macam bentuk dan makna yang ada pada tanda tersebut. Yang pertama kita akan membahas semiotika atau tanda-tanda pada plang belok kanan yang ada di jalan raya. Penandanya adalah sebuah plang yang memiliki bentuk bulat atau bisa persegi dan di dalamnya terdapat sebuah gambar berbentuk anak panah yang mengarah ke kanan jalan, Petandanya adalah plang   tersebut memiliki warna biru pada persegi atau lingkarannya dan untuk warna anak panahnya biasanya berwarna putih, maknanya adalah bahwa kendaraan bisa berbelok kanan. Yang kedua kita akan membahas tentang tanda rambu-rambu di larang parkir. Penandanya adalah sebuah plang yang memiliki bentuk bulat dan di dalamnya terdapat gambar P dengan garis lurus yang kemiiringannya sekitar 45 derajat , Petandanya adalah plang tersebut biasanya memiliki bentuk lingkaran atau bulat yang memiliki warna merah di gar